loading...

Friday, December 15, 2017

Bahasa Perintah Bash






Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
Hai kawan pada kesempatan kali ini saya akan share tentang Bahasa Perintah Bash.

<Pengertian
Bash adalah suatu bahasa perintah yang berbasis unix.


<Maksud dan Tujuan
Dapat memahami bahasa bash unix.

B. Alat dan Bahan
Koneksi Internet
Pc/Laptop

C. Jangka Waktu Pelaksanaan
15 menit

D. Tahapan Pelaksanaan


APA ITU BASH UNIX ?

Bash adalah suatu Unix Shell dan Bahasa Perintah yang ditulis oleh Brian Fox untuk proyek GNU sebagai pengganti perangkat lunak bebas untuk Bourne Shell. Shell atau bahasa perintah ini pertama kali dirilis pada tahun 1989 dan telah didistribusikan secara luas karena merupakan shell default pada distribusi Linux dan MacOS. Kemudian pada tahun 2016 shell ini juga disediakan oleh Microsoft pada produknya yaitu Windows 10 Anniversary Update, Meskipun tidak di install secara default.

KONSEP BAHASA PERINTAH BASH

Konsep kerja dari pemrograman bash shell hampir mirip dengan bahasa pemrograman lainnya. Pemrograman bash shell juga menggabungkan perintah-perintah untuk memilih suatu kondisi, memproses suatu I/O, looping, dan membuat fungsi-fungsi yang dapat dijalankan user. Konsep pemrograman bash shell ini akan mudah dipelajari apabila kita sudah mengetahui perintah-perintah sederhana yang ada di bash shell seperti whoami, cd, cat, dan lainnya. Dengan penguasaan perintah-perintah sederhana ini, pemrograman bash shell akan membuat pekerjaan user menjadi lebih efektif. Hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan pemrograman bash shell adalah konsep mengenai variabel, format syntax dan struktur di dalam pemrograman bash shell itu sendiri.

Format syntax dan struktur dalam bash shell programming adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Kita dapat menulis script menggunakan editor seperti vim, emacs, gedit, dan dtpad. Namun vim dan emacs adalah yang paling cocok karena bisa membantu kita dalam membenarkan syntax dari script yang kita tulis jika kita mengaktifkan fiturnya. File script harus disimpan dalam bentuk .sh. Kemudian di headernya harus diberikan komentar bahwa script ini merupakan pemrograman berbasis bash shell seperti contoh dibawah ini.

    Kemudian untuk menuliskan string harus diapit oleh tanda petik dan untuk menggunakan variabel agar dapat ditampilkan harus didahului dengan karakter ‘$’ di depan variabel tersebut.
    Untuk menjalankan program yang sudah kita buat kita harus mengubah modenya dulu agar bisa dieksekusi dengan perintah seperti di bawah ini
    ls -al untuk melihat mode yang sudah kita ubah seperti di bawah ini. Nama file scriptnya adalah test.sh
    Dengan mode seperti di atas maka program test dapat dieksekusi dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini dan tampilannya akan seperti di bawah ini.
    Peraturan mengenai syntax pemrograman sesuai standar POSIX dan ANSI-C.
 

E. Temuan Masalah

Tidak ada

G. Kesimpulan

Dapat memahami bahasa bash

H. Referensi

Wikipedia

Wassalamualaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment

loading...