loading...

Tuesday, December 5, 2017

Konfigurasi FTP Server Debian 8






Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
Hai kawan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Konfigurasi FTP Server Debian 8.

<Pengertian
Menurut saya FTP itu adalah Media jaringan yang digunakan untuk berbagi tanpa bantuan hardware tambahan seperti flashdisk dan harddisk eksternal.

<Maksud dan Tujuan
Dapat membuat FTP server dan bisa digunakan untuk berbagi.

B. Latar Belakang
Sebagai urutan konfigurasi debian serer

C. Alat dan Bahan
a. Debian Server 8
b. Pc/Laptop
d. Koneksi internet

D. Jangka Waktu Pelaksanaan
10 menit

E. Tahapan Pelaksanaan
Pastikan kalian sudah log in di bedian server kalian, setelah itu ketikkan perintah

apt-get install proftpd






Pilih standalone









Konfigurasi proFTPd

nano /etc/proftpd/proftpd.conf






Tambahkan baris berikut pada bagian paling akhir

<Anonymous /home/endradr/>
User aku
</Anonymous>





Kemudian simpan tekan ctrl+x tekan y tekan enter setelah itu tambahkan user aku dengan perintah 

adduser aku





Kemudian anda restart service proftpd dengan perintah 

service proftpd restart 






Lalu coba kita cek dengan komputer client dengan mengetikkan alamat ip server

ftp://192.168.5.5

Jika muncul seperti ini berarti sukses






F. Temuan Masalah
Tidak ada

G. Kesimpulan
Dengan FTP kita tidak perlu susah susah untuk mencari flashdisk jika ingin meminta file dari teman.

H. Referensi
Buku Debian

Demikian Postingan saya hari ini semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Wassalamualaium Wr.Wb 



No comments:

Post a Comment

loading...