loading...

Monday, September 18, 2017

Mengenal Linux

Assalamualaikum wr. wb.
A. Pendahuluan :
--Pengertian
Apa itu linux ? mungkin sebagian belum mengerti tentang linux, nah kali ini saya akan membahas tentang linux, pengenalan linux dari berbagai aspek.

--Maksud & tujuan
Memahami apa itu linux, tau sejarah dari linux.

--Hasil yang diharapkan
Memahami apa itu linux, tau sejarah dari linux.

B. Alat & Bahan
- Koneksi internet
- Pc /Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan
30 menit

D. Proses tahapan pekerjaan
Linux ? apa itu linux ?
>Penertian linux
Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasis unix yang dapat disebarluskan ke publik secara gratis berada di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), artinya linux dapat dikembangkan dengan source code terbuka, yang memungkinkan para pengguna dapat memodifikasi linux dan juga dapat dipakai maupun didistribusikan secara bebas.

>Asal nama Linux
Nama linux diambil dari nama si pencipta yaitu Linus Benedict Torvalds.

>Asal Logo Linux
Saat berjalan-jalan di taman Perth bersama Andrew Tridgell (pembuat proyek samba), Linus dipatuk oleh pinguin dan mengalami demam selama berhari-hari. ia berpikir karakter pinguin ini cocok dengan linux, badanya agak gemuk, santai, namun jika mematuk bisa membuat demam berhari-hari. Dia menggambarkan pinguin maskot ini berbadan gemuk, dan tersenyum serta sedang istirahat. Setelah melalui beberapa pemilihan akhirnya linus memilih gambar penguin yang dibuat oleh Larry Erwing yang menurut linus paling cocok dengan keinginannya. Maskot ini diberi nama Tux, diperkenalkan pada tahun 1996. Nama Tux kepajangan dari Torvald + Unix = Tux

>Kelebihan Linux
Sebagai suatu sistem operasi, Linux secara umum memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan daripada sistem operasi lainnya. Berikut adalah kelebihan dari Linux :
• Linux bisa didapatkan secara bebas tanpa perlu membayar lisensi. Anda juga bisa mengunduh kode sumber Linux jika ingin melihatnya tanpa ada batasan apapun.
• Linux memiliki koleksi perangkat lunak tersendiri yang sangat lengkap untuk keperluan laptop, desktop dan server. Jika perangkat lunak yang tersedia terasa kurang, Anda dapat menambahkannya dengan mudah melalui repository yang tersedia.
• Linux sangat stabil karena jarang sekali crash maupun hang. Anda juga tidak perlu bahkan tidak pernah melakukan restart jika melakukan konfigurasi sistem.
• Linux lebih aman terhadap virus, karena selain jumlah virus di Linux sangat sedikit. Linux juga sangat ketat dalam hal pengelolaan keamanan.
• Perbaikan kutu (bug) atau cacat yang terdapat di Linux sangat cepat, karena Linux dikembangkan secara komunitas dan setiap komunitas bisa memberikan masukan-masukan dan perbaikan untuk kutu atau cacat tersebut. Apapun yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan, karena pada hakikatnya apa yang diciptakan oleh manusia tidak akan pernah sempurna.

>Kekurangan Linux
Berikut adalah berbagai kekurangan dari Linux :
1. Linux kurang memiliki dukungan dari produsen perangkat keras dalam hal penyediaan perangkat lunak pengendali (driver). Hampir semua perangkat lunak pengendali yang saat ini ada di Linux merupakan hasil jerih payah komunitas, dan sebagian kecil murni dukungan dari produsen perangkat keras.
2. Linux masih kurang didukung oleh beberapa pembuat permainan. Kebanyakan permbuat permainan masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows sebagai platform mereka.

E. Hasil yang didapatkan
Memahami apa itu linux, tau sejarah dari linux.

F. Temuan masalah
Tidak ada

G. Kesimpulan yang didapat
Memahami apa itu linux, tau sejarah dari linux.

H. Referensi
www.mandalamaya.com/pengertian-linux-kelebihan-linux-dan-contoh-linux
wikipedia.org/wiki/linux

Sekian postingan saya hari ini
Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment

loading...